top of page
Search
  • putrid14ndra

Pengaruh Laptop Kualitas Sperma Pria

Laki-laki yang menggunakan laptop di pangkuannya kemungkinan mengalami hipertermia skrotum - suhu yang meningkat di testis mereka - yang secara signifikan dapat mempengaruhi kualitas sperma mereka, dan akibatnya kesuburan mereka, para ilmuwan AS melaporkan dalam jurnal medis Fertility and Sterility .



Para penulis menambahkan bahwa bahkan jika mereka melindungi pangkuan mereka dengan pangkuan, hipertermia skrotum masih terjadi.



Satu-satunya cara pria bisa memastikan kesuburannya saat menggunakan laptop adalah dengan meletakkannya di atas meja, menggunakannya dengan kaki terpisah saat menggunakan pangkuan tidak lebih dari 28 menit, atau menggunakan laptop di pangkuannya dengan lutut bersama untuk waktu yang sangat singkat.


Yelim Sheynkin, MD (ahli urologi) dan tim dari Universitas Negeri New York di Stony Brook berangkat untuk mengevaluasi bagaimana mencegah hipertermia skrotum di antara pengguna laptop pria. Studi mereka melibatkan 29 sukarelawan pria kesehatan.


Para ilmuwan mengukur suhu sisi kiri dan kanan skrotum, serta laptop dan pangkuan selama tiga sesi 60 menit yang terpisah - semua peserta menggunakan laptop dengan cara berikut:


- Duduk dengan kedua lutut saling menempel (kira-kira kaki) dan laptop di pangkuan mereka

- Duduk berlutut, laptop di pangkuan, dan dengan pangkuan di antara laptop dan pangkuan mereka

- Duduk dengan kaki terpisah pada sudut 70 °, laptop di pangkuan, dan dengan pangkuan di antara laptop dan pangkuan mereka


Tujuan mereka adalah mengukur kenaikan suhu skrotum.


Para penulis menulis bahwa suhu buah zakar naik jauh, terlepas dari posisi kaki mereka dan apakah mereka menggunakan lap pad atau tidak.



Suhu skrotum naik sedikit dan peningkatan terjadi kemudian ketika para pria memiliki kaki terpisah pada sudut 70 °. Namun, bahkan kemudian, kenaikan suhu skrotum memprihatinkan.


Berikut adalah beberapa hasil yang disorot:

- Berlutut bersama, laptop di pangkuan (tanpa pangkuan pad)

Peningkatan suhu skrotum - sisi kiri dari 0,96C ke 2,31C, sisi kanan dari 0,91C hingga 2,56C.

Skrotum mulai naik dalam suhu dalam 11 menit.

- Berlutut bersama-sama, laptop di pangkuan, menggunakan lap pad

Kenaikan suhu skrototal - sisi kiri dari 0,69C ke 2,18C, sisi kanan dari 0,72C ke 2,06C.

Skrotum mulai naik suhu dalam 14 menit.

- Kaki terpisah, laptop di pangkuan, menggunakan lap pad

Kenaikan suhu skrotum - sisi kiri dari 0,66C ke 1,41C, sisi kanan dari 0,62C ke 1,47C.

Skrotum mulai naik suhu dalam 28 menit.


Penulis menulis sebagai kesimpulan:


Posisi duduk dengan tungkai yang dekat merupakan penyebab utama hipertermia skrotum. Pelindung skrotum dengan bantalan putaran tidak melindungi dari peningkatan suhu skrotum. Pencegahan hipertermia skrotum pada pengguna LC saat ini tidak layak. Namun, hipertermia skrotum dapat dikurangi dengan posisi duduk yang dimodifikasi (kaki terpisah) dan penggunaan LC yang jauh lebih singkat.


0 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page